Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Desember 28, 2017 oleh : superadmin-pai

 

Yogyakarta – 27 Desember 2017 program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) UMY melaksanakan Workshop Metodologi Penelitian. Ini merupakan kegiatan baru yang dilaksanakan oleh program studi PAI. Workshop Metodologi Penelitian ini dikhususkan untuk mahasiswa angkatan 2015. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap metodologi penelitian dengan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif, sehingga mahasiswa memiliki bekal pemahaman yang memadai untuk melahirkan penelitian yang berkualitas, khusususnya dalam penyusunan tugas akhir atau skripsi.

Selain itu, metodologi penelitian ini sebenarnya sudah termasuk ke dalam salah satu mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa. Akan tetapi, dengan adanya workshop ini memudahkan mahasiswa untuk lebih fokus di salah satu metodologi penelitian yang akan mereka gunakan ketika penyusunan tugas akhir.

Workshop Metodologi Penelitian ini pun dibagi menjadi dua. Untuk metodologi penelitian kuantitatif dilaksanakan di Ruang Lab. Micro Teaching PAI yang dibimbing oleh Ibu Ratna Sari, M.Psi. sedangkan untuk Metodologi Penelitian Kualitatif dilaksanakan di Ruang Sidang FAI yang dibimbing langsung oleh Bapak Drs. Yusuf A. Hasan, M.Ag.

Dengan adanya workshop ini diharapkan mahasiswa akan lebih paham tentang pendekatan metodologi penelitian yang akan digunakan ketika menyusun skripsi. (An)