Seminar Pendidikan Anti Korupsi oleh HIMA PAI

Desember 11, 2018 oleh : superadmin-pai

Dalam rangka memperingati hari anti korupsi seDunia Himpunan Mahasiswa PAI (HIMA PAI) menyelenggarakan Seminar Pendidikan Anti Korupsi dengan tema “Pendidikan Anti Korupsi dalam Perspektif Al-Qur’an) pada Senin 10/12/2018 bertempat di gedung Ibrahim E.7 Lt.5. Seminar ini dibawakan oleh 2 Narasumber yaitu: Iwan Satriawan, S.H., MCL., Ph.D. (Dosen Fakultas Hukum UMY, Pakar Hukum Tata Negara) dan Ari Sutantriyati (Penyuluh anti korupsi pratama KPK di Prenggan,Kota Gede, Yogyakarta).

Menurut Ari pendidikan anti korupsi dimulai dari keluarga, disamping itu penanaman karakter anti korupsi juga dilakukan sejak usia dini pada anak berusia 4-9 tahun. Penanaman karakter dapat dicerminkan dala pola kehidupan sehari-hari dalam berkeluarga seperti kejujuran, keterbukaan, transparansi dsb. Suksesnya pendidikan anti korupsi terletak pada beberapa pihak diantaranya keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah.

Iwan mengungkapkan “madrasah pertama adalah keluarga, madrasah pertama dalam keluarga dalah seorang Ibu”. Keluarga maupun orang tua harus mampu menanamkan nilai-nilai ataupun visi misi kehidupan yang mengandung karakter dan sikap anti korupsi, karena visi misi dan value tersebut akan menjadi anti virus untuk menjauhkan dari godaan korupsi. Untu menanggulangi korupsi juga diperlukan reformasi budaya yang mendasar dan perubahan mindset, ujar Iwan