Praktik Pengalaman Lapangan atau disingkat PPL merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa PAI FAI UMY semester 7. Ini merupakan salah satu latihan bagi seluruh mahasiswa sebelum nantinya mereka lulus dan menjadi seorang guru. PPL ini dilaksanakan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di daerah Yogyakarta dan ada juga PPL Internasional yang dilaksanakan di salah satu Negara Asia yaitu Malaysia.

Sebelum mahasiswa terjun langsung untuk melaksanakan PPL di sekolah yang sudah ditentukan, meraka di bekali terlebih dahulu oleh pihak Prodi. Pembekalan PPL periode ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Juli 2018 bertempat di Ruang F6 003. Mahasiswa yang mengikuti pembelakan PPL ada sekitar 65 orang.

Pembekalan PPL ini dipimpin oleh Sekretaris Prodi yaitu Bapak Sadam Fajar Shodiq, M.Pd.I. dan juga dihadiri oleh salah satu Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dr. Abd. Madjid, M.Ag. Isi dari pembekalan PPL yaitu menjelaskan tentang maksud dan tujuan PPL, tugas mahasiswa ketika melaksanakan PPL dan terlebih lagi evaluasi PPL periose sebelumnya dari setiap sekolah. Dengan harapan, kekurangan-kekurangan di periode sebelumnya tidak terulang kembali di tahun ini. Selain itu, ada beberapa wejangan dari Bapak Dr. Abd. Madjid, M.Ag., yaitu seluruh mahasiswa selama menjalani PPL harus menjaga nama baik prodi dan juga nama baik sekolah yang ditempati, harus disiplin dan juga membangun komunikasi yang baik, dengan pihak sekolah, guru, siswa dan juga dosen pembimbing lapangan setiap kelompok.

PPL gelombang I ini disebar ke empat sekolah : SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Bantul, SMP Muhamamdiyah 3 Yogyakarta dan SMA Muhamamdiyah Kasihan. Adapun yang melaksanakan PPL internasinal dibagi menjadi dua sekolah : Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan Sekolah Indonesia Johor Bahru. (An)