Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk kedua kalinya memberangkatkan mahasiswa ke Johor Bahru dalam rangka PPL (Program Pengalaman Lapangan). Mahasiswa yang diberangkatkan yaitu angkatan 2015 sebanyak 6 mahasiswa, diantaranya: Muhammad Ikhsan, Hur’inul Jannah Al-Ali, Muhamad Ridwan Santoso, Mudzakkir, Della Asyanah, dan Okita Maya Asiyah. Seperti yang sudah direncanakan, para mahasiswa akan ditempatkan di Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB).

Hari Selasa, 17 Juli 2018, para mahasiswa PPL didampingi oleh dua dosen PAI, Bapak Dr. Abdul Madjid, M.Ag dan Bapak Sadam Fajar Shodiq, S.Pd.I.,M.Pd.I berkunjung ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru. Kedatangan mahasiswa PPL  disambut hangat oleh pihak KJRI. Kunjungan ini dimulai dari pukul 10.00 sampai dengan 11.00, diawali dengan penyambutan oleh Bapak Anang Fauzi Firdaus Midpl/MIA selaku Plh. Kepala Sekolah SIJB. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Sadam Fajar Shodiq dan Bapak Abdul Madjid, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Muhamad Ridwan Santoso selaku ketua koordinator PPL mahasiswa PAI UMY di SIJB.

Pihak kepala sekolah SIJB, Bapak Anang dalam sambutannya mengatakan bahwa di SIJB ini menyajikan banyak sekali pengalaman yang bisa diambil, karena di SIJB menawarkan pengalaman yang berbeda dari sekolah sekolah yang lain, baik dari segi pengalaman mengajar dan sosial. Bapak Anang berharap semoga SIJB dapat memberikan manfaat dan mahasiswa PPL UMY dapat mengambil manfaat dari SIJB dan memberikan manfaat bagi SIJB.

Keesokan harinya, Rabu, 18 Juli 2018, mahasiswa PPL UMY memperkenalkan diri dihadapan para siswa SIJB yang dilaksanakan di lapangan. Para siswa sangat antusias dengan adanya mahasiswa PPL UMY. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dari para guru SIJB dan mahasiswa PPL UMY. Semoga para guru SIJB dapat membimbing para mahasiwa PPL UMY selama PPL berlangsung. (Okita Maya)