YOGYAKARTA – Kajian Akbar merupakan salah satu rangkaian acara Tarbiyah Fair, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (HIMA PAI). Dilaksanakan pada Jumat, 13 April 2018 di Masjid Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Kegiatan ini diketuai oleh Deno Wijaya selaku anggota divisi kajian akbar Tarbiah Fair. Pengisi kajian akbar yaitu Ustadz Fattan Fantastik penulis Inspirator Trainer dan direktur Pondok Rumah Sajada serta Ustadz Anton Ismunanto asatidz Mu’allimin Yogyakarta dan Alumni Program Kaderisasai Ulama Gontor.

Alhamdulillah acara berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan oleh panitia jauh-jauh hari. Kajian dimulai pada pukul 19.30 WIB  dengan tema “ Pendidikan Karakter dalam Pandangan Islam”. Point-point dari diskusi Ustadz Anton mengenai pendidikan karakter dalam pandangan Islam yaitu Sejarah seni menciptakan manusia melalui pendidikan Islam; Syarat Islam Religius dari faham sekuler; Generasi terbaik kualitas imannya tidak ada yang mampu menendingi; Pendidikan Indonesia harus ditata ulang. Islam adalah ilmu; Rasul diutus untuk membenarkan akhlaq kita jangan jauh dari Al-quran dan hadist karena kita berada di zaman perang pemikiran.

Kemudian Ustadz Fattan berdiskusi mengenai karakter. Beliau menjelaskan mengenai kualitas yang membedakan orang dengan orang lain, tujuan sekolah untuk membangun karakter, iman kepada Allah dan hari akhir, Islam datang dengan konsep yang lengkap, ta’adil, ta’dib, dan ibadah merupakan cara kita untuk menegakkan iman. Selanjutnya kegiatan kajian akbar diakhiri dengan foto bersama panitia Tarbiyah Fair. (Nsw, An)