YOGYAKARTA– Rabu, 07 Maret 2018 seluruh anggota Himpunan Mahasiswa PAI UMY berkunjung ke UIN Sunan Kalijaga dengan tujuan untuk melaksanakan studi banding internal.  Kegiatan studi banding internal ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Sosial Masyarakat (Sosmas) yang bekerjasama dengan Divisi Intelektual, Wacana Pendidikan (IWP). Pelaksanaan kegiatan ini diketuai oleh Deno yang merupakan anggota divisi sosial masyarakat. Kedatangan dari Himpunan Mahasiswa PAI UMY disambut dengan hangat oleh keluarga Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI (HMJ PAI) UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan studi banding dimulai dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 10.30 WIB. Kegiatan ini di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI (HMJ PAI) UIN Sunan Kalijaga dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari ketua pelaksana, kemudian ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI (HMJ PAI) UIN Sunan Kalijaga, selanjutnya ketua Himpunan Mahasiswa PAI UMY dan yang terakhir sambutan dari bapak Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag., selaku wakil Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Setelah sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian program kerja dari setiap Himpunan dan diskusi terkait program kerja masing-masing.

Adanya studi banding internal ini diharapkan agar dapat saling bertukar pikiran dan ide terkait dengan program kerja yang di miliki satu sama lain. Seperti yang diungkapkan oleh Al Fatih Malik Ibrahim selaku ketua Himpunan Mahasiswa PAI UMY “dengan diadakan kegiatan ini harapannya kita bisa saling merefleksikan diri, sudah sejauh mana program kerja yang kita miliki bila dilihat dari kuantitas maupun kualitas. Jadi,  pada intinya kita dapat mencari inovasi program kerja baru yg mungkin bisa diaplikasikan di HIMA PAI, baik di periode ini maupun untuk periode selanjutnya”. Selain itu dengan kegiatan studi banding internal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahim dan persahabatan dari kedua lembaga. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dan foto bersama antara Himpunan Mahasiswa PAI UMY dan Himpunan Mahasiswa Jurusan PAI (HMJ PAI) UIN Sunan Kalijaga. (Ir, An)