Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Prodi PAI FAI UMY yang ditetapkan mengacu pada capaian pembelajaran (CP) yang telah ditetapkan oleh DIKTI dan pencirian (keunggulan) prodi PAI  berdasarkan pada 4 unsur pokok dari KKNI dan SNPT yaitu Sikap, Penguasaan Pengetahuan, Ketrampilan Umum Dan Ketrampilan Khusus.

 

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
1 Sikap S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5 Menghargai keanekaragaman  budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau  temuan orisinal orang lain;
S6 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S7 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S8 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S9 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S10 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    S11 Menunjukkan pribadi yang dapat diteladani dan berkomitmen untuk mengembangkan karakter peserta didik dengan dilandasi nilai-nilai Islam
    S12 Menunjukkan sikap  kreatif dan inovatif dalam melakukan penelitian, pelatihan, dan pengembangan model pembelajaran PAI
    S13 Menunjukkan jiwa kepemimpinan dan manajerial dalam mengelola lembaga-lembaga pendidikan yang unggul

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CP PAI
2 Penguasaan Pengetahuan PP1 Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam
PP2 Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
PP3 Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
PP4 Mengetahuai penguasaan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam
PP5 Menguasai teori pendidikan, kebijakan bidang PAI, manajemen dan kepemimpinan pendidikan yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam
PP6 Menguasai kaidah, prinsip dan pembelajaran materi PAI pada semua jenjang pendidikan dan jenis lembaga pendidikan
PP7 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi metodologi penelitian bidang pendidikan
PP8 Menguasai ilmu-ilmu dasar keIslaman dan mengaplikasikannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari (tadayyun ‘amali)
PP9 Menguasai bahasa pengantar ilmu

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
3 Ketrampilan Umum KU1 Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan agama Islam
KU2 Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan pendidikan agama Islam berdasarkan kaidah tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik  serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir
KU3 Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan agama Islam, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data
KU4 Mengelola pembelajaran PAI secara mandiri
KU5 Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

 

 

NO UNSUR SN PT & KKNI   CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
4 Ketrampilan khusus KK1 Mampu  merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif  dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
KK2 Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
KK3 Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);
KK4 Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
KK5 Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data  dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
KK6 Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;